Kamis, 27 Agustus 2009

WASPADA BLACKBERRY PALSU/REKONDISI!!!

Agak shock juga pas denger ada BB palsu beredar di Indonesia. Jaman sekarang mana ada si orang yang ga kenal BB alias bau badan. Eh bukan, Blackberry maksud gw. Survey mengatakan setengah juta penduduk Indonesia menggunakan Blackberry. Blackberry, ponsel canggih yang muat berbagai fiture di dalamnya termasuk fiture buat browsing dan masuk ke berbagai jejaring social lain. Kalo buat anak 9403L masa kini sih yang paling sering di buka ga lain dan ga bukan ya Facebook buat OL. Kembali lagi ke kabar BB palsu. Gini ceritanya, jadi di Amrik BB tuh ada garansi 14 hari, kalau 14 hari BB ada kerusakan maka bisa di ganti sama BB yang baru. Nah ketika BB yang udah rusak itu di kembalikan, sama Cina di ambil motherboard nya. Sayangnya mereka belom bisa niru motherboard BB jadi mereka cuma bisa buat casing dan LCD BB itu, trus di rakit jadi BB yang tampak asli. Yang lebih parah nya lagi di Cina industri buat BB palsu itu bukan industri gede-gedean, tapi home industri yang jumlah nya banyak.(sakit!!) Kenapa BB palsu bisa beredar di Indonesia?? Yang gw denger dari TVOne, ada orang Cina yang lama tinggal di Hongkong, dia bawa BB itu dan dia menetap di Indonesia buat jualan BB palsu itu, namanya Michael Kwang. Si Michael Kwang ini juga bermasalah pihak keimigrasian karena visa yang dia pake itu Visa buat berkunjung / visa wisata ke Indonesia, bukan buat menetap dan bekerja disini. Bisnis BB palsu yang udah dia jalanin ini dilaksanain di rumahnya di kawasan Cilambar Jakarta Barat. Dari bisnis ini dia bilang sih dia dapet keuntungan Rp 100.000,- dari tiap unit BB yang dia jual. Pendistribusian BB palsu juga sesuka hati dia. Sebenernya dari bulan Mei 2009 direktorat kepolisian air Kep.Riau udah mengamankan ribuan BB dan HP lainnya yang di duga palsu, tapi masih aja ada BB palsu di Indonesia. Biasanya orang yang punya BB palsu itu bermasalah sama Pin blocking nya karena berasal adri handset yang palsu. Beda luar negeri sama Indonesia, kalo di luar negeri Cuma perusahaan telekomunikasi resmi yang punya wenang buat mendistribusikan si BB ini, tapi kalo di Indonesia ga, jadi ada celah deh buat BB palsu beredar. Kasus BB rekondisi ini sebenernya udah ngelanggar UU perlindungan konsumen No.8 Thn.99.

Yang paling penting dari tulisan gw ini..adalah...

BAGAIMANA CARA BEDAIN BB PALSU DENGAN YANG ASLI?? :

1. Nyalain BB tanpa SIM card

2. Option -> pilih status

3. Terus ketik aja huruf BUYR secara berurutan, karena ini merupakan kata kunci livetime nya si BB.

4. Abis itu, bakalan muncul deh data usage dan voice usage nya, kalo yang asli dan belum pernah di gunakan, data yang keluar itu 0 atau ga ada.

Berita ini gw tulis berdasarkan berita yang di tayangin di TVOne. Semoga tulisan ini bisa jadi panduan buat kalian yang pada mau beli BB asli. Sayangnya bokap gw ga berinisiatip tuh buat beliin gw BB. :'(

Sekian :))

3 komentar: